News Update :
Home » , » Jadwal Awal Ramadhan 2016 atau 1437 H

Jadwal Awal Ramadhan 2016 atau 1437 H

Penulis : Kwanyar News on Friday, May 20, 2016 | 6:50 AM



Jadwal Puasa Ramadhan 1437 H atau Tahun 2016


Jadwal Puasa Ramadhan 2016 pasti sudah banyak dinantikan, untuk memberikan keyakinan penetapan kapan jatuhnya 1 Ramadhan di mana semua umat muslim memulai untuk melakukan ibadah puasa ada dua cara, ialah Hisab atau perhitungan serta juga Ru’yatul Hilal, yang mana di Indonesia sendiri hasil dari Rukyatul Hilal akan diumumkan oleh pihak pemerintah Kementerian Agama pada hari mendekati bulan Ramadhan.

Bulan yang paling mulia, Ramadhan di tahun 1437 Hijriah atau tahun 2016 ini tak kurang dari beberapa minggu lagi akan segera tiba. Bulan di mana ada malam yang mulia lebih dari 1000 bulan ini pasti begitu dinantikan oleh semua umat muslim di dunia. Yang mana memang bulan Ramadhan menjadi momen untuk berlomba melaksanakan beraneka amalan.

Untuk lebih rincinya seperti ini, langkah hisab yakni satu cara buat memastikan posisi bulan dengan menggunakan system perhitungan serta juga hitung astronomis yang dilaksanakan secara matematis guna dapat mengetahui masuknya bulan baru di kalender Hijriah.


Sementara untuk metode rukyat yakni melaksanakan satu aktivitas mencermati hilal dengan cara langsung. Aktivitas ini antara lainnya ialah melihat posisi bulan sabit muda yang dapat terlihat untuk kali pertamanya usai konjungsi. Aktivitas mencermati hilal ini bisa diselenggarakan dengan cara mencermati langsung atau pun juga dapat dengan menggunakan alat bantu seperti teleskop misalkan.

Hilal sendiri adalah penampakan bulan sabit muda yang terlihat pertama kali selesai terjadinya ijtimak atau konjungsi, ialah di saat setelah maghrib. Melihat hilal ditunaikan dikala saat sudah mulai masuk petang dikarenakan lantaran bentuk dari bulan sabit muda sangat tipis serta cahayanya juga masih minim. Maka jika disaksikan pada petang, kedatangannya dapat lebih jelas.

Jadwal Ramadhan 2016 dan Dari berbagai sumber yang ada, hasil metode hisab untuk tanggal 1 Ramadhan 1437 H jatuh pada tanggal 6 Juni 2016. Sementara Idul Fitri jatuh di tanggal 6 dan 7 Juli 2016.

Umat islam di Indonesia bisa jadi tahun ini akan melaksanakan puasa Ramadhan dan Idul Fitri secara serempak. Sebagaimana yang sudah pernah diprediksikan sebelumnya oleh Lapan bahwa jatuhnya awal Ramadhan dan juga Idul Fitri mulai tahun 2015 sampai dengan 2022 di Indonesia bakal serempak.
Share this article :
Comments
1 Comments

+ comments + 1 comments

Post a Comment

 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Copyright © 2011. KWANYAR NEWS . All Rights Reserved.
Design Template by Kwanyar News | Support by creating website | Powered by Blogger