News Update :
Home » » Austria Bangun Masjid Raya Baiturrahan Seperti Di Aceh

Austria Bangun Masjid Raya Baiturrahan Seperti Di Aceh

Penulis : Kwanyar News on Sunday, July 5, 2015 | 3:07 AM

 

Masjid Tertua Di Indonesia Ini Juga Ada Di Austria


Masjid Raya Baiturrahan adalah salah satu masjid tertua di indonesia. Masjid yang menjadi icon kebanggaan masarakat Aaceh ini dibangun sebelum Aceh dikuasai oleh Belanda. Masjid ini dibangun pada saat tanggal 5 April 1873 oleh Kesultanan Aceh. Masjid yang pada saat itu dipergunakan sebagai pusat pembelajaran Agama Islam dari berbagai penjuru negeri ini pernah rusak akibat agresi militer tentara penjajah Belanda.

Pada tanggal 10 April 1877 Belanda berhasil menguasai Aceh dan dan membakar masjid Raya Bairurrahman yang mengakibatkan masyarakat Aceh semakin marah dan semakin gencar melakuakan perlawanan terhadap penajajah. Barulah setelah penjajah dapat diusir dari tanah Aceh, masayarakat Aceh kembali membangun masjid Raya Baiturrahman pada tanggal 9 Oktober 1879. Selama bertahun-tahun masjid Raya Baiturrahman melakuakan renovasi.

 Pembangunan masjid icon propinsi Aceh itu membutuhkan waktu yang panjang. perluasan wilayah masjid dan perbaikan berbagai komponen dilakukan terus menerus. Perbaikan semakin digiatkan ketika diadakan MTQ Tinggkat Nasional ke-XII. Berbagai perlengkapan masjid di bangun dengan besar-besaran sehingga masjid megah tersebut dapat menampung jamaah sampai dengan 9.000 jamaah. 




Pada tahun 2004 kemarin, Aceh mendapat musibah yang lear biasa yakni Tsunami yang meratakan sebagian besar bangunan di Aceh. Ajaibnya Masjid yang memiliki 7 kubah, 4 menara dan 1 menara induk tersebut tetap kokoh tegak tanpa mengalami kerusakan yang berarti. Hal tersebut membuktikan kontruksi bangunan masjid megah tersebut sangatlah kuat sehingga tahan terhadap terjangan tsunami.

namun dibalik sejarah masjid Raya Baiturrahman yang indah tersebut, ternyata ada fakta baru yakni masjid Raya Baiturrahman tidak cuma ada di Aceh namu  juga ada di luar negri. Negara yang memiliki Masjid yang persis dengan masjid Raya Baiturrahman itu adalah Austria. 




Masjid Raya Baiturrahman Aceh tersebut dibangun di sebuah taman yang dikenal dengan nama Minimundus di Klagenfurt, ibukota negara bagian Karintia. Ya masjid yang dibangun di austrian tersebut adalah miniatur yang memang dibuat persis seperti aslinnya. Taman Minimundus adalah taman miniatur terbesar di dunia. Bangunan bersejarah indonesia yang ada di taman tersebut tidak hanya masjid Raya Baiturrahman, ada juga Candi Borobudur dan Prambanan.

Jika bangsa lain saja menghargai sejarah kita, maka Kita sebagai warga yang cinta tanah air indonesia juga harus mau mempelajari sejarah dan merawat serta bangga terhadap aset luar biasa yang kita miliki bersama. Semoga bermanfaat dan menambah rasa cinta tehadap warisan sejarah Indonesia.
Share this article :
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Copyright © 2011. KWANYAR NEWS . All Rights Reserved.
Design Template by Kwanyar News | Support by creating website | Powered by Blogger