News Update :
Home » , » Penemuan Wajan Raksasa di Kutoarjo

Penemuan Wajan Raksasa di Kutoarjo

Penulis : Kwanyar News on Monday, May 2, 2016 | 9:09 AM


 

Wajan Raksasa di Kutoarjo Belum Dipastikan Benda Purbakala


Sebuah Wajan Raksasa ditemukan secara tak sengaja di Kutoarjo, Purworejo, Jawa Tengah. Dikatakan raksasa, sebab ukurannya memang diluar ukuran normal yang biasa digunakan oleh rumah tangga. Segera saja masyarakat heboh mendatangi lokasi penemuan benda unik itu, karena penasaran dan ingin mengabadikannya dengan kamera ponsel.

Wajan raksasa itu diperkirakan berdiameter 2 meter, dan cukup tebal serta berat. Terbukti hingga kini benda tersebut belum digeser dari lokasi pertama ditemukan. Terdapat sebuah tungku kuno di bagian bawah wajan, seperti memang dahulu itu menjadi sebuah dapur.

Penemunya adalah tukang yang bekerja untuk renovasi rumah pemilik tanah bernama Widodo. Secara tak sengaja saat hendak menggali pondasi, wajan itu terkena cangkul. Saat digali untuk dipindahkan, ternyata membentuk sebuah wajan yang besar sekali.

Warga sekitar mengaku tak tahu menahu tentang asal usul wajan raksasa tersebut. Bahkan saat ditanyakan pada warga yang berusia 70 tahun, ia juga tak mengetahui tentang wajan yang diduga terpendam sejak lama itu.


Lalu bagaimana pendapat pihak Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jateng perihal temuan unik itu? Penelitian memang belum dilakukan tentangnya.

Namun ada dugaan bahwa dahulu di lokasi tersebut ada barak tempat banyak orang tinggal. Dan wajan itu digunakan untuk memasak dalam jumlah banyak.

“Mungkin dulu di situ pernah jadi barak, sehingga ada wajan atau alat masak raksasa,” duga Kepala BPCB Jateng Tri Hartono dilansir detikcom, Sabtu (30/4/2016).
Menurut Tri, rencana survei dan pengumpulan data akan dilakukan oleh tim BPCB pekan depan. Akan ada arkeolog, ahli sejarah, dan fotografer dalam tim itu. Mereka bekerja sama dengan pihak dari Dikbud untuk meneliti asal usul wajan raksasa tersebut. Apakah termasuk benda purbakala atau tidak.
Share this article :
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Copyright © 2011. KWANYAR NEWS . All Rights Reserved.
Design Template by Kwanyar News | Support by creating website | Powered by Blogger