News Update :
Home » » Penurunan Harga Premium dan Solar Awal Tahun 2016

Penurunan Harga Premium dan Solar Awal Tahun 2016

Penulis : Kwanyar News on Friday, December 25, 2015 | 8:43 AM


Harga Premium & Solar Turun Pada Tahun Baru 2016


Penurunan Harga BBM Premium dan solar resmi turun mulai Januari 2016 mendatang. Demikian yang disampaikan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM)  Sudirman Said. Harga premium akan turun di kisaran Rp 200 hingga Rp 300 per liter, sementara harga solar subsidi akan dipangkas sebesar Rp 500 per liter.

Penurunan Harga BBM 2016 ini didasarkan pada turunnya harga minyak mentah dunia, yang saat ini ada di bawah 40 dolar AS per barel. Sudirman Said menyebutkan pada Selasa (22/12), “Untuk minyak hampir dipastikan turun, kira-kira Januari 2016.”

Hal tersebut diperkuat oleh pernyataan Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian ESDM, IGN Wiratmaja, yang mengungkap “Turun semua. Premium sekitar Rp 200-300 per liter dan solar lebih dari Rp 500 per liter.”

Harga Baru BBM 2016 yang turun ini, sengaja tidak diumumkan pada 1 Januari 2016 demi memberikan kesempatan bagi SPBU-SPBU di daerah untuk menghabiskan stok yang dimiliki dengan harga lama. Dengan demikian, mereka tidak merugi.

Pemerintah sendiri, tidak hanya menurunkan harga jual BBM. Tetapi juga akan menerapkan ambang batas atas dan ambang batas bawah harga BBM mulai Januari tahun depan.


Dikutip dari CNN Indonesia, jika nantinya harga riil BBM lebih rendah dari harga jual patokan yang ditetapkan pemerintah, maka selisih lebihnya, akan masuk ke kas negara sebagai dana cadangan. Namun, jika nantinya harga riil BBM ada di atas harga patokan, kekurangan harga ini akan diambil dari dana cadangan tersebut.

“Ada batas atas dan batas bawah. Kalau (harga BBM riil) di bawah (harga jual patokan), selisihnya kita simpan. Dengan uang yang kita simpan kita bisa jaga stabilitas dan ini opsi yang mungkin paling pas untuk diterapkan,” ungkap Sudirman.
Share this article :
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Copyright © 2011. KWANYAR NEWS . All Rights Reserved.
Design Template by Kwanyar News | Support by creating website | Powered by Blogger