News Update :
Home » » Tanam Sayuran Di Mars

Tanam Sayuran Di Mars

Penulis : Kwanyar News on Tuesday, January 6, 2015 | 1:19 AM

Ilmuwan Tanam Sayuran di Mars Agar Bisa Ditinggali Manusia


Para ilmuwan dari University Southampton Inggris berencana menanam sayuran berupa selada di Mars. Agenda ini sangat penting untuk membuka kemungkinan suatu saat nanti manusia benar-benar bisa tinggal di planet merah yang selama ini disebut-sebut sebagai kembaran bumi tersebut.

Ada ambisi besar agar manusia tidak hanya bisa melakukan pendaratan di bulan saja, tetapi juga di Mars. Bahkan lebih jauh lagi, ilmuwan Universitas Southampton membuka kemungkinan Mars menjadi koloni bumi suatu saat nanti. Namun mereka menyadari, ambisi itu tidak mungkin jika Mars tidak disiapkan dahulu menyesuaikan keadaan di bumi.

    Pemimpin proyek yang disebut £LettuceOnMars ini, Suzanna Lucarotti mengatakan, “Untuk hidup di planet lain, kami harus menanam makanan di sana. Tak seorang pun pernah melakukan ini. Jadi, kami berniat menjadi yang pertama.”

Dalam proyek ini, para ilmuwan akan menggunakan rumah kaca yang memanfaatkan atmosfer planet dan cahaya matahari. Rumah kaca tersebut akan dikirim melalui pesawat antariksa dengan bibit selada yang dibekukan, disertai air, nutrasi, dan sistem yang berguna untuk proses pertumbuhan jenis sayuran tersebut di Mars.

Begitu pesawat antariksa tiba di planet Mars, nantinya rumah kaca tersebut akan mendapatkan pasokan daya dan elemen penghangat. Ini penting untuk menjaga suhu sekitar 21 sampai 24 derajat celcius yang merupakan suhu ideal. Mengenai karbondioksida yang dibutuhkan tumbuhan, akan ada penyulingan dari atmosfer Mars sebelum memasuki rumah kaca.

Menurut Suzanna Lucarotti, ada potensi rencana ini berhasil. Dan, ini bukan satu-satunya ide untuk rencana pembangunan koloni di Mars. Ilmuwan lain dari University Ohio juga merencanakan penemuan unuk, yaitu GreenBox, tabung yang mampu mengubah urine menjadi air minum siap konsumsi.
Share this article :
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Copyright © 2011. KWANYAR NEWS . All Rights Reserved.
Design Template by Kwanyar News | Support by creating website | Powered by Blogger