News Update :
Home » , , » Google Doodle Peringati Gerhana Matahari Total 2016 Indonesia

Google Doodle Peringati Gerhana Matahari Total 2016 Indonesia

Penulis : Kwanyar News on Wednesday, March 9, 2016 | 8:52 AM

 

Gerhana Matahari Total 2016 Indonesia Menjadi Trending Topic Dunia


Gerhana matahari total 2016 Indonesia yang terjadi pada Rabu, 9 Maret ini dirayakan di google doodle hari ini. Peristiwa langka yang kali ini hanya bisa dilihat di 11 provinsi Indonesia saja tidak luput dalam pantauan google hari ini. Doodler Olivia Huynh menciptakan animasi unik yang menjelaskan fenomena alam tersebut dengan cara memikat.

Fenomena gerhana matahari di indonesia yang terjadi ketika orbit bulan melintas tepat di antara bumi dan matahari. Karena bulan menutupi cahaya matahari, maka terciptalah bayang-bayang gelap di sebagian permukaan bumi. Tentunya persentase gerhana tersebut berbeda-beda di setiap wilayah. Ada bagian bumi sepert Hawaii, yang menyaksikan hanya 63 persen cahaya matahari yang terhalang bulan. Hal ini yang disebut gerhana matahari sebagian.


Namun ada pula gerhana matahari total yang terjadi di Samudera Pasifik bagian selatan, dan sebagian wilayah Indonesia. Dikutip dari tempo.co, terdapat 11 provinsi yang dilintasi gerhana matahari total 2016, yang mencakup Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.

Lebih rinci lagi, kota-kota besar yang akan dilewati gerhana matahari total ini adalah, Muko-Muko , Palembang, Tanjung Pandan, Palangkaraya, Balikpapan, Palu dan Ternate. Ketika gerhana matahari terjadi, menurut ketua LAPAN, Thomas Djamaluddin, fenomenanya akan sangat menarik. Meski terjadi pagi hari, suasana akan berubah seperti senja menjelang malam.

Lalu kapan kita dapat menyaksikan gerhana matahari hari ini? Warga di wilayah Indonesia Barat dapat menyaksikan gerhana matahari pada pukul 07.30 WIB. Sementara itu, mereka yang tinggal di  wilayah Indonesiatengah pada 08.35 WITA. Akan halnya warga yang berada di ujung timur, bisa memantau gerhana total pada pukul 09.50 WIT.
Share this article :
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Copyright © 2011. KWANYAR NEWS . All Rights Reserved.
Design Template by Kwanyar News | Support by creating website | Powered by Blogger